Ngamen, Kuli Pasir Hingga punya 680 Outlet

logo_franchise_raja_cendol

Tahun 2016 bulan September tanggal Sembilan Belas, kami mahasiswa Universitas Kampus Umar Usman menerima kedatangan tamu dari owner dan CEO dari Randol, Raja Cendol, Mas Danu Sofyan. Perjuangan Mas Danu Sofyan hingga memiliki Raja Cendol merintis hingga 10 macam usaha. Bahkan beliau pernah jadi pengamen dan kuli pasir. Well, amazing.

Pondasi dasar dari untuk menjadi pengusaha adalah harus punya motivasi yang besar. Lalu, motivasi dan niat saja tidak cukup. Harus ditambah ilmu, sehingga ketika kita bertemu orang setidaknya kita harus menjadi gelas kosong sehingga bisa diisi oleh ilmu yang tanpa batas, dan yang tidak kalah penting adalah waspada.

Mas Danu juga menyatakan bahwa menjadi karyawan dan pengusaha mempunyai resiko yang sama, akan tetapi yang membedakan adalah ketika kita sukses.

tips

Tips umum ketika kita ingin membangun usaha
1. Jangan mencampur keuangan pribadi dan perusahaaan.
2. Ngga perlu bisa, yang penting suka
3. Kalau kita mengerjakan sesuatu yang kita ngga suka, akan menjadi keluhan dan kerugian.
4. kalau kita suka mengerjakan sesuatu, maka akan banyak peluang yang menghasilkan loyalitas dan kualitas.
5. Usaha butuh psikologis yang sehat.
6. Usaha itu seperti melakukan sebuah perjalanan
7. Minimal belajar 2 jam sehari.

avoid

Dalam berusaha hindari penyakit2 ini
1. kurang pengetahuan
2. kurang disiplin anget-angetan
3. kurang mengerti apa yang dilakukan

Mulai dari mana
1. siap buka mindset
2. kudu paket riset
3. jangan lambat

5p_logo

Membuat dan membangun 5P
1. Product
a. Diferensiasi (penamaan product)
b. Unique Selling point
c. Masukkan nyawa di product kita
d. Inovasi untuk meningkatkan daya saing
2. People
a. Pelatihan
b. Pengetahuan > SOP
c. keterampilan/

70% keputusan pembelian ada pada manusia
30% berdasarkan produknya
3. Place
a. Perhatikan kapan dan jam berapa tempat itu sepi
b. Perhatikan daya beli masyarakat di sekitar
c. Perhatikan pesaing atau kompetitor
Tempat paling baik untuk membuka usaha kuliner adalah di tempat kompetitor yang ramai
4. Price
a. Sesuaikan dengan kondisi pasar
b. Gunakan harga paling rendah dan murah
c. Harga menentukan kualitas
d. Package
5. Promotion
a. Adakan kontes
b. Buat merchandise
c. Buat promosi semenarik mungkin
d. Promosikan usaha di media cetak atau radio lokal

social-media

Modal utama manusia adalah berpikir dan bergerak
Siapkan alat perang sebelum perang (bertingkah seperti telah tiba di tujuan)

Segmentasi pasar
1. Jenis Kelamin
2. Usia
3. Wilayah

Tentukan target market
Brand dan merk merupakan hal yang penting
Iklan
Social media is not sales media

Efaktif jualan di sosial media
1. Konten menarik
2. photo resolusi bersih
3.
4.

Mas Danu, memilih mengembangkan usaha ini dengan franchise, dan yang tidak kalah penting adalah cobalah belajar untuk menjadi orang lain.

3 pemikiran pada “Ngamen, Kuli Pasir Hingga punya 680 Outlet

Tinggalkan komentar